Batara Media | Majene – Setelah mendirikan 30 Huntara (Hunian Sementara). GUSDURian Peduli membuat Sumur Bor untuk Masyarakat Dusun Aholeang dan Rui yang mengungsi di Desa Mekatta, Kecamatan Malunda Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat sejak 15 Januari 2021 lalu akibat Gempa 6,2 SR .

Sebagaimana diketahui bersama bahwa sejak awal mereka mengungsi ke tempat ini, air bersih masih menjadi masalah serius. Beberapa sudah dibuat sumur tapi belum bisa mencukupi kebutuhan warga. Penyebab utamanya adalah karena debit yang kecil. Apalagi saat memasuki musim kemarau seperti sekarang ini.

Ketua GUSDURian Peduli, A’ak Abdullah Al-Kudus menyampaikan bahwa atas permintaan dari warga, lembaganya kemudian membuat sumur bor ini. “Kami datangkan ahli sumur bor dari Mamuju untuk memastikan bahwa sumur yang kita buat nantinya bisa memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga terdampak gempa” kata Gus A’ak.

READ  Jelang Mubes KKDB Barru, Sejumlah Figur Dijagokan Gantikan H Yasin

Pengeboran dilakukan sejak tanggal 20/4/2021 dan selesai dalam hitungan 3 hari setelah dinyatakan terdapat mata air yang cukup besar untuk dijadikan sumur. Menurut keterangan dari Pak Musa selaku pengebor, mata air sumur ini cukup besar. “Insyaallah cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih pengungsi” ujarnya.
Mendengar pernyataan dari Pak Musa tersebut, warga yang berada di lokasi pengeboran, serentak tanpa dikomando mengucapkan “Alhamdulillah…” Wajah mereka berseri bersama senyuman di setiap ujung bibirnya.

Kepala Dusun Aholeang, Lukman, yang juga berada di lokasi pengeboran, menyambut kegirangan warganya dengan penuh sukacita. “Nanti malam kita potong ayam. Kita bikin acara tasyakkuran” ucapnya dengan penuh semangat.

Rencananya, air ini akan ditampung dulu di menara air, untuk selanjutnya akan dialirkan ke setiap toilet darurat yang ada, dan sebagian lain akan disalurkan langsung ke huntara-huntara, agar mereka tak perlu lagi memikul air dari jauh hanya untuk memenuhi kebutuhan minum dan memasak.

READ  Peduli kemanusiaan, Relawan GUSDURian salurkan bantuan

Laporan : Bob

Editor     : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here