BATARA MEDIA.COM – Makassar// Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 sudah mulai dipersiapkan dengan menggelar rapat lebih awal, sekaligus melakukan evaluasi PPDB 2020 di Ruang Rapat Prof Ahmad Amiruddin Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Jl Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar, Rabu (20/1).

Rapat tentang PPDB dipimpin langsung Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog, hadir mendampingi Kadisik Sulsel, Sekretaris Disdik Sulsel, H Hery Sumiharto, SE.M.Ed. Hadir pula Kepala Bidang Pembinaan SMA, Dr Idrus, SPd.MPd, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd, Kepala Bidang GTK & Fasilitasi, H Sabri, SPd.MPd, Kepala Bidang PKPLK, Dr H Basri, SPd. MPd.

Hadir juga mengikuti Rapat PPDB, Kepala Subag Umum, Kepegawaian dan Hukum, Firdausi, Topuriti, SE. MM, Kasubag Program, Muhammad Yusri, SPd, Kasubag Keuangan, Sugralis, SE.M.Ed dan para Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I – XII, dan Widyaiswara BPSDM Dr Mustamin, SPd.MPd serta dari PT Telkom, Munir Basir, Senior Account Manager.

READ  Pemerintah Resmi Larang Kegiatan dan Penggunaan Simbol/Atribut FPI

Prof Jufri mengatakan, rapat PPDB yang dilaksanakan lebih awal dan lebih fokus lagi dengan menghadirkan pihak terkait di lingkup Dinas Pendidikan Sulsel. Dan yang lebih penting lagi, katanya, bagaimana melakukan evaluasi pelaksanaan PPDB tahun lalu, mencermati hal-hal yang menjadi kekurangan pelaksanaan PPDB 2020.

Satu per satu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I hingga XII dipersilahkan mengemukakan evaluasi PPDB tahun 2020 seperti yang terjadi di masing-masing wilayahnya, dan diharapkan memberikan masukan perbaikan untuk penyelenggaraan PPDB 2021 yang berdasarkan Permendikbud No. 1 Tahun 2021, tanggal 7 Januari 2021.
Menurut Prof Jufri, penyelenggaraan PPDB tahun 2021 tidak banyak mengalami perubahan, dengan prinsif yang sama, yaitu nondiskriminatif, obyektif, transparan, akuntabel dan berkeadilan. Untuk jalur PPDB, kata Kepala Bidang Pembinaan SMA, Dr Idurs, SPd.MPd, tidak mengalami perubahan, yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali siswa dan jalur prestasi.

READ  Sosialisasi Bahaya Narkoba, Satnarkoba Polrestabes Makassar Sambangi Markas TNI

Prof Jufri mengharapkan penyelenggaraan PPDB 2021 dapat berjalan dengan baik dan optimal dengan melakukan perbaikan-perbaikan dari kekurangan atau kejadian yang ditemukan selama PPDB tahun 2020 lalu.

Temuan itu, nantinya menurut Prof Jufri menjadi catatan penting bagi kita untuk menemukan bagaimana cara yang lebih elegan. Tentu saja, kata pria kelahiran Jampea Selayar ini, akan tetap mengacu pada petunjuk teknis dari Kemendikbud.

Tugas kita sekarang adalah bagaimana segera membuat kepanitian, kemudian mulai menyusun juknis dan juklak untuk dijadikan pedoman PPDB tahun 2021 untuk segera dibuatkan Peraturan Gubernur (Pergub).
Prof Jufri bertekad menjadikan PPDB 2021 menjadi PPDB bermartabat, lebih efektif dan meminimalisir persoalan-persoalan yang berulang setiap tahunnya. Apalagi, katanya, PPDB tahun 2021 ini tidak banyak perubahan juknis dari tahun sebelumnya. Namun sejumlah perbaikan-perbaikan telah dilakukan pihak Kementerian, dan akan dimantapkan lagi dengan juknis khusus di Sulawesi Selatan.

READ  MIAN UIT gelar kuliah Tamu Serta Lakukan MOU dengan STIH Pengayoman

“Sisa sekarang, kita segera buatkan kepanitian, perbanyak koordinasi dan sosialisasi serta mantapkan mekanisme yang ada,” harap Prof Jufri.

 

Penulis ; JS.

Editor.   ; TS