Bataramedia | Jakarta –  Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan dirinya mendapatkan tugas untuk mengatasi masalah kesehatan akibat pandemi COVID-19 yang saat ini melanda Indonesia.

“Kami ditugasi salah satunya adalah untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh virus SARS COV-2 ini,” kata Budi usai diumumkan menjadi calon Menkes oleh Presiden Joko Widodo di beranda belakang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020) sore.

Tak hanya itu, imbuhnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga akan memperkuat sistem pelayanan kesehatan publik Indonesia sehingga siap dan mumpuni dalam menghadapi ancaman virus di masa yang akan datang.

“Kita juga bisa mempersiapkan sistem pelayanan kesehatan publik yang siap, kuat, mumpuni, agar generasi sesudah kita bisa menghadapi SARS COV-3 atau SARS COV-4 yang kita tidak tahu kapan datangnya,” ujarnya.

READ  Mendag Muhammad Lutfi Sebut dirinya Akan Jadi Wasit Perdagangan di Indonesia

Namun, ditegaskannya, hal itu harus dilakukan secara bersama-sama, tidak hanya oleh Kemenkes melainkan harus menggerakkan seluruh pihak.

“Kementerian Kesehatan tidak mungkin melakukannya secara eksklusif, kita harus melakukannya secara inklusif.

Kami percaya, tidak cukup pemerintah membuat program-program pemerintah sendiri, tapi ini harus merupakan suatu gerakan yang dilakukan bersama-sama dengan seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Budi meyakini, dengan kerja sama secara inklusif antara Kemenkes, asosiasi, pemerintah daerah, dan seluruh komponen bangsa tersebut maka akan terbangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan mampu mengatasi masalah SARS COV-2.

Calon Menkes ini juga berharap, dengan teratasinya masalah pandemi COVID-19 ini maka keadaan Indonesia akan kembali normal.

READ  Gali Potensi Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono Tekankan Pentingnya Kesinambungan Lingkungan

“Semua anak-anak kita bisa segera kembali ke sekolah, belajar, bertemu dengan guru-gurunya. Semua pengusaha-pengusaha UKM bisa membuka toko-tokonya dan kembali berdagang seperti biasa.

Semua pekerja bisa datang kembali ke kantornya dan memulai hidup yang normal. Semua keluarga kita bisa kembali bersilaturahmi dengan sesama teman-teman dan keluarga mereka,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Budi pun menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya.

“Terima kasih atas tugas dan kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden kepada kami, semoga amanah ini bisa kami jalankan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Budi Gunadi Sadikin.

 

Laporan : JS

Editor.    : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here