Batara Media | Bone – Sekolah di bagian ujung Kabupaten Bone tepatnya di Kecamatan Bontocani. Berdiri sebuah sekolah yang kabarnya di tunjuk ikut lombah sekolah sehat mewakili Kecamatan Bontocani.

Sekolah itu adalah SD Negeri 296 Bana. Sekolah tersebut terpilih diantara sekolah lain melalui penilaian oleh pengawas dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) lingkup kecamatan Bontocani.

Sejak di tunjuk sekolah ini terus melakukan bembenahan secara berlahan untuk melengkapi kriteria sekolah sehat pada umumnya. Ungkap Kepala UPT SD 296 Bana Muhammad Saleh saat di temui beberapa waktu lalu.

Di tunjuk ikut lomba sebagai sekolah sehat merupakan kebanggan tersendiri dan merupakan amanah.

Pembenahan kami lakukan sedikit demi sedikit. Sebab bukan tanpa sebab kami banyak mengalami keterbasan terutama keterbatas anggaran.

READ  Ingin majukan pendidikan di daerah terpencil, Poros Muda Bone Bergerak

Membenahi sekolah diakunya butuh biaya yang lumayan besar. Alokasi Dana Bos di akuinya tidak mampu menopang. karena anggaran dana BOS yang di kelolah juga kecil karena jumlah siswa yang hanya berjumlah 70 orang ditambah Jumlah tenaga Honor sebanya 7 Orang. Praktis dana yang di kelolah boleh di kata hanya pas-pasan.

Meski kondisinya demikian, kata Saleh sejak amanah itu ia mengaku terus berupaya berbenah dengan berbagai keterbatas.

ia bahkan mengaku sejak melakukan perbaikan di lingkungan sekolah ia bahkan membangun dengan biaya pribadi yang tidak sedikit jumlahnya.
“angka tidak usah disebut teman”.

Meski begitu kata Saleh ia sangat bersyukur sebab masyarakat Desa Bana khususnya orang tua siswa sangat antusias membantu dengan sekarela.

READ  Wujudkan Layanan Berkualitas, Kepsek dan Pengawas Pembina SMKN 9 Makassar kunjungi rumah siswa di Pulau Lakkang

di singgung soal bantuan pemerintah dirinya mengaku tidak mendapat bantuan apa-apa selain BOS.

“Dana Bos Sebenarnya Boleh di gunakan untuk perbaikan ringan, cuma jumlahnya sangat proporsional. Jadi mau tidak mau saya harus putar otak”

ia juga mengaku tidak memilik sumber dana lain seperti Komite. Terang Saleh

 

Penulis : Udin

Editor    : Tika Siregar putri