BATARAMEDIA.COM | KEPALA Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, Haris, S.Kom, MM, hari Kamis lalu (17/6), menemui Wakil Bupati Bulukumba, HA Edy Manaf untuk beraudiens dan ‘mappatabe’ jelang pelaksanaan pameran produk pertanian di SMKN 10 Bulukumba.

Turut mendapingi Kacabdisdik Wilayah V bertemu Wabup Edy Manaf, Kepala Seksi Pembinaan SMK dan PKLK Abdul Sattar, S.Pi, MM, Plt Kepala UPT SMKN 10 Bulukumba Saude, S.Pd, M.Pd, Kepala SMKN 7 Bulukumba Drs Syahrir, M.Pd, dan beberapa panitia pelaksana pameran.

Kepada Wabup Bulukumba yang didampingi Kadisdik Bulukumba Akhmad Januaris dan Kadis Pertanian Emil Yusri, Kacabdisdik Wilayah V melaporkan pelaksanaan Pameran Produk Pertanian yang akan dilaksanakan dan dipusatkan di SMKN 10 Bulukumba 24-25 Juni mendatang.

Pameran produk pertanian ini, katanya, merupakan program yang digagas dan diinisiasi oleh kemeterian pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa).

READ  Target 10 Besar AKN : Kadisdik Sulsel Warning Kepala UPT SMA/SMK

Sementara untuk peseta pameran, selain SMKN 10 Bulukumba sebagai tuan rumah, juga ikut menjadi peserta beberapa SMK yang memiliki Jurusan Pertanian atau sejenisnya, sepperti SMKN 2, SMKN 4, SMKN 5, SMKN 8, SMKN 10, dan SMKN 11 Bukukumba.

Selain itu, lanjut Kacabdisdik Wilayah V yang berlatarbelakang Jurnalis ini, Dinas Pertanian Bulukumba juga siap untuk menjadi peserta pameran yang akan memamerkan hasil-hasil produk pertanian dari Bulukumba.

Demikian juga alumni-alumni SMK yang ada di Bulukumba dan telah berhasil di bidang pertanian juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan pameran ini.

“Beberapa SMK di Bulukumba di luar jurusan pertanian, juga akan ikut memerkan hasil-hasil produk siswanya seperti SMKN 6 Bulukumba yang akan memamerkan hasil produksi bautnya, dan SMK-SMK lainnya yang memamerkan hasil produk siswanya masing-masing,” ucap Haris yang berdarah Bugis Sinjai – Bone ini.

READ  Workshop Asesmen Kompetensi Minimal (AKM)dan Program Khusus bagi ABK PK-PLK Wilayah III

Sementara Wakil Bupati Bulukumba Edy Manaf, kepada Kacabdisdik Wilayah V menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Kementan dan jajaran Cabdisdik Wilayah V Bantaeng – Bulukumba, atas digelarnya kegiatan Pameran Produk Pertanian di SMKN 10 Bulukumba 24-25 Juni mendatang, dan minta dirinya diingatkan supaya hadir di kegiatan pameran ini.

Mantan Legislator Sulsel ini, menyampaikan sangat setuju dengan gelaran pameran produk pertanian ini, karena merupakan salah satu upaya kita untuk mencoba mengarahkan anak-anak dan siswa kita untuk menjadi petani yang baik.

Katanya, di masa pandemi Covid-19 yang melanda kita sekarang ini hanya bidang pertanian yang bisa tetap eksis. Saat ini kita harus merubah minzet masyarakat, kalau anak-anak mereka disekolahkan tinggi-tinggi jangan hanya ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS), tetapi juga harus menjadi petani yang baik.

“Di luar negeri itu masyarakat sangat bangga kalau jadi petani. Kalau di negara kita terbalik, kita bangga kalau jadi PNS. Cara pandang dan pola berpikir masyarakat seperti inilah yang harus kita rubah,” katanya.

READ  Satu Jam Setelah MoU, Disdik Sulsel Bersama UPT Transfusi Darah Langsung Gelar Aksi Donor Darah

Wabup Edy Manaf berharap melalui pameran produk pertanian ini masyarakat bisa sadar dan sepakat untuk sama-sama mendorong anak-anak mereka untuk memiliki kemampuan bertani yang baik mulai di SMK, kalau perlu mulai dari pendidikan usia dini anak-anak kita sudah dibekali ilmu-ilmu pertanian yang baik.

Kepada Kacabdisdik Wilayah V, dan Panitia Pelaksana Pameran, Wabup Bulukumba meminta agar di kegiatan pameran ini melibatkan organisasi karang taruna, majlis taklim, PKK, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, instansi terkait lainnya, dan pihak swasta yang berkecimpung di dunia pertanian.

 

 

Penulis : HR

Editor.    : AB