BATARA MEDIA.COM, Makassar.- Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog menerima Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sidrap, Andi Safari Renata, S.IP, MSi bersama rombongan untuk audiensi di Ruang Kerjanya, Jl Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar, Senin (7/12/2020).

Hadir mendampingi Kadisdik Sulsel, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd. sementara Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sidrap didampingi, Kepala Bidang Tenaga Kerja, Patriadi, SE, M. Pemb. Daerah, Kabag Kerjasama Kab. Sidrap, Drs Muh Iqbal dan sejumlah staf lainnya.

Andi Safari Renata mengungkapkan maksud kedatangannya untuk audiensi dengan Kadisdik Sulsel terkait dengan kebeadaan Balai Latihan Kerja (BLK) yang baru dibentuknya.

READ  Disdik Sulsel dan BPMRP Yogyakarta Sepakat Kerjasama Ciptakan Media Belajar Auditif

“Kami ingin melakukan sinergitas dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, dalam hal ini pemanfaatan workshop SMK Negeri yang ada di Kabupaten Sidrap,” ungkap Andi Safari Renata.

Kadis Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sidrap mengungkapkan poin-poin penting yang bisa dikerjasamakan, antara lain bekerjasama dalam pemfaatan Workshop/Laboratorium yang ada di SMK di Sidrap, selama tidak menganggu kegiatan kurikulum pendidikan.

Apabila kurikulum pendidikan tidak bertentangan dengan pelatihan keterampilan ketenagakerjaan dapat melakukan praktik secara bersama-sama. Pemerintah Kabupaten Sidrap, kata Andi Safari, akan menyiapkan kendaraan roda dua sebagai bahan praktik pada kgiatan keterampilan otomotif. Apabila BLK Sidrap sudah selesai dibangun, kendaraan roda dua tersebut akan dialihkan ke SMK yang bersangkutan.

READ  Penyerahan SK Pelaksana Tugas Kepala UPT SMAN 1 Selayar Secara Virtual Oleh Kadis Pendidikan Prov.Sulawesi Selatan

Siswa yang tidak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi akan direkrut untuk dilatih melalui BLK Sidrap.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Jufri menyambut baik keinginan Pemerintah Kabupaten Sidrap yang ingin bekerjasama dalam pengembangan pendidikan vokasi di Kabupaten Sidrap.

“Ini ide yang bagus, ide yang saling membutuhkan. Kami, di SMK dibawah koordinasi Ibu Kabid yang menjembatani tugas utama dari Bapak Gubernur, yaitu pengembangan vokasi di Sulawesi Selatan,” ujar Prof Jufri.

Intinya, kata Prof Jufri, bagaimana siswa dan alumni SMK itu bisa terserap di dunia usaha dan industri. Karena itu, perlu banyak kerjasama dengan dunia usaha dan industri serta lembaga pendidikan vokasi.

READ  Innalillah Wainna Ilaihi Rajiun : Mantan Bupati Bone Meninggal Dunia

Mantan Dekan Fakultas Psikologi UNM ini mempersilahkan tim Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sidrap segera membicarakan dengan Kepala Bidang Pembinaan SMK,Dra Hj Andi Ernawati, MPd hal-hal teknis bentuk kerjasama yang saling menguntungkan untuk pengembangan pendidikan vokasi di Sulawesi Selatan, khususnya di Kabupaten Sidrap.

 

Pejulis : JS

Editor   : ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here