BATARA MEDIA.COM – Makassar // Menindaklanjuti Surat Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen, Kemdikbud nomor 8705/C/PP/2020 Tgl 5 September 2020 tentang Rapor Mutu 2019 antara lain menyebutkan bahwa LPMP, Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah sesuai dengan kewenangannya diharapkan melakukan identifikasi permasalahan, layanan teknis, serta pemantauan progres pengiriman data evaluasi diri sekolah (EDS) bagi sekolah yang tidak memiliki rapor mutu pendidikan.

Dalam rangka mempercepat proses pengiriman data serta hitung rapor mutu di tingkat satuan pendidikan di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, dibutuhkan koordinasi antar berbagai pihak terkait.

Untuk mencapai tujuan tersebut Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan LPMP melakukan Komferensi Pers Pengiriman dan hitungan rapor mutu pendidikan Tahun 2021 yang diadakan di Ruang rapat Prof.Amiruddin Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Jl.Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar. Rabu (06/01/2021) dengan Protokol Kesehatan COVID-19.

Hadir dalam Konferensi pers Dinas Pendidikan Prov.SulSel dengan LPMP, Kepala LPMP Prov.SulSel, Dr.H.Abd. Halim Muharram, M.Pd, Kepala BP-PAUD dan DIKMAS Sulawesi Selatan, Drs.Arman Agung,M.Pd, Sekretaris Disdik SulSel, H.Hery Sumiharto, SE,M.Ed., Kepala Bidang Pembinaan SMA, Dr.Idrus,M.Pd, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra.Hj.Andi Ernawati, M.Pd, Kepala Bidang GTK & Fasilitasi, H.Sabri SPd.M.Pd, Kepala Bidang PKLK, Dr.H.Basri S.Pd.,M.Pd, Kepala UPT PTIKP, Dra.Hj.Andi Hidayati MSi, Koordinator Pengawas, Media Cetak & Elektronika LSM dan Wartawan.

READ  Gubernur Sidak di Disdik, NA Puji Ruang Bidang SMK

Kepala LPMP Prov.SulSel, Dr.H.Abd.Halim Muharram M.Pd dalam arahannya menyampaikan bahwa Progres Pengiriman Data Penjaminan mutu pendidikan (PMP) Prov. SulSel adalah 98,49%, di posisi kedua setelah Yogyakarta. Selanjutnya sekolah yang disuvervisi aktif dan terbaik berdasarkan data nasional adalah SMK, urutan kedua SMA dan salahsatu pemicunya adalah e-Panrita Dinas Pendidikan Prov.SulSel yang membantu pengawas dalam memberikan pendampingan dan suvervisi ke sekolah. Sedangkan untuk Tingkat SMP dan SD yang masuk sepuluh besar nasional ada tiga yaitu SMP Pancarijan Kab.Sidrap dan dua SD di Kab.Wajo.demikian pula dengan TPMPS (Pelatihan Tim Penjaminan mutu Pendidikan Sekolah) yang aktif kurang Lebih 9240 Sekolah yang ada di dapodik termasuk SMK yang sudah aktif secara online dan berkontribusi secara nasional 6320 sekolah di Prov.Sulawesi Selatan sudah disetujui. Untuk pengawas dan TPMPS harus menganalisa Rapor mutu terlebihdahulu sesuai dengan kondisi sekolah berdasarkan prinsip kejujuran dan responden sesuai dengan yang seharusnya dan bisa menjadi contoh bagi sekolah lainnya,”Tandasnya.

READ  Kabar Duka dari Korwas Cabdis Pendidikan Wil.VII Jeneponto Takalar.

Kepala Dinas Pendidikan Prov.SulawesiSelatan, Prof.Dr.Muhammad Jufri,MSi.MPSi,Psikolog dalam paparannya menjelaskan secara rinci terkait pencapaian yang telah dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan pada Tahun 2020 dan apa yang akan dilakukan di Tahun 2021.Salahsatunya tentang pentingnya Asesmen Nasional sebagai barometer atau Outcome Proses Pendidikan yang berlangsung di sekolah.”Tidak semua siswa SMA Kelas 11 yang akan dapat Asesmen Nasional, hanya 35 sampai 40 siswa per sekolah yang akan diambil sampel, dan akan di uji berbasis komputer yang sebelumnya akan ada survey awal untuk memastikan bahwa sekolah memiliki sistem komputerisasi untuk Standar Asesmen Nasional”Tegasnya.

Selanjutnya Kepala BP-PAUD dan Dikmas, Drs.Arman Agung,M.Pd menyampaikan bahwa BP-PAUD bertugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat sedangkan Pendidikan Anak Usia Dini adalah jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia 6 Tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut pada jalur formal, non formal dan in formal.

READ  Disdik Sulsel Gelar FGD Penyempurnaan Draft Pergub Sulsel Tentang Pengembangan Vokasi SMK

 

Penulis ; JS

Editor.   ; TS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here