Bataramedia.com | Bone – SMAN 3 bone keciprat dana bantuan rehabilitasi perbaikan ruang kelas sebanyak 2 ruangan hasil itu di peroleh dari pantauan wartawan bataramedia.com Senin, 26/10/2020

Dalam pantaun Kegiatan tersebut sementara berjalan, sejumlah tukang nampak bekerja di lokasi bangunan. Namun ironisnya peroyek swakelolah ini tidak terlihat adanya papan informasi kegiatan. seolah mengindikasi proyek rehabilitasi ini di tutup-tutupi oleh pihak kepsek Sman.3 Bone, alias proyek siluman.

Salah seorang tukang yang di temui mengaku tidak tahu adanya papan proyek.

“saya tidak tahu soal papan itu, semua kepala sekolah yang tahu. kita cuma bekerja”. ujarnya

 

 

Di kutip dari laman resmi Komisi Informasi Publik (KIP) menegaskan setiap proyek tanpa papan nama informasi proyek merupakan sebuah ‘pelanggaran’ karena tidak sesuai dengan amanat Undang – Undang dan Peraturan lainnya.

READ  Niat Menangkan APPI-Rahman di pilwalkot, Posko Komunitas Kab'ah appi Rahman di resmikan

Kedua peraturan dimaksud yakni Undang – Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 70 tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Transparansi anggaran sudah menjadi keharusan dilaksanakan pemerintah dalam menjalankan program kerjanya. Dimulai sejak awal sampai akhir sebuah proyek yang dilaksanakan pemerintah. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan tender, sampai pelaksanaan proyek.

Aturan tersebut sudah jelas tertera dalam UU No. 14 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Selain UU KIP, ada beberapa aturan lain yang mempertegas tentang transparansi pelaksanaan program pemerintah.

Adapun secara teknis, aturan tentang pemasangan papan pengumuman proyek biasanya diatur lebih detail oleh masing-masing provinsi. Berarti jika di lapangan terdapat sebuah proyek yang tidak menyertakan papan pengumuman proyek, sudah jelas menabrak aturan. Bahkan patut dicurigai proyek tersebut tidak dilaksanakan sesuai prosedur sejak awal.

READ  Peletakan Batu Pertama Pembangunan SPBU BUMDES Harapan Jaya di hadiri oleh Wakil Bupati Jeneponto. Ini harapannya

Kepala sma 3 Bone Drs. A Gaffar, MM yang di konfirmasi membenarkan adanya bantuan bangunan tersebut.

di konfirmasi terkait papan informasi kegiatan yang tidak terlihat di lokasi mantan kepsek 4 SMA Itu mengaku kalau rehab memang tidak ada papan informasi.

“kalau rehab memang tidak ada papan informasinya. nantilah kita datang ndi. ujarnya sambil tergesah-gesah ingin pergi lantaran masih ada kegiatan”. imbuhnya.

 

Laporan : Ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here