Bataramedia | Toraja – Warga Kabupaten Tana Toraja selama ini mengeluhkan pelayanan administrasi kependudukan berupa KTP, KK, serta Akte Kelahiran, yang harus dilakukan di Kantor Dinas Catatan Sipil Tana Toraja.

Jarak tempuh yang lumayan jauh, membuat mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup besar jika jngin mengurus administrasi kependudukan. Calon Bupati dan Wakil Bupati Tana Toraja, Theofillus Allorerung – Zadrak Tombeg, telah menyiapkan solusi.
Melalui program pelimpahan kewenangan terbatas ke Kepala Lembang, warga bisa mengurus administrasi kependudukan di Kantor Lembang atau Kelurahan.

Kami akan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Urus KTP, KK, Akte Kelahiran, nanti bisa di Kantor Lembang atau kelurahan masing-masing. Tidak perlu lagi ke Ibukota Kabupaten jelas juru bicara Theo-Zadrak, Owens Lingga Jumat, (6/11/2020).

READ  WAKIL KETUA DPD RI LETJEN TNI MARINIR (PURN) DR. NONO SAMPONO M.Si KUNJUNGI SARANG PETARUNG HARIMAU PUTIH YONIF 8 MARINIR

Ia mengungkapkan, pelimpahan kewenangan ini akan disertai dengan sistem digitalisasi. Dimana masyarakat hanya menginput data di Lembang lalu kemudian dikirim ke Kantor Kecamatan dan diteruskan ke dinas terkait.
Jadi, hasilnya akan diterima di Lembang atau kelurahan masing-masing dalam waktu singkat bebernya.

Tidak hanya administrasi kependudukan, sejumlah perizinan juga bisa diurus di tingkat Lembang atau kelurahan. Yakni IMB dan izin usaha. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan masyarakat, khususnya mereka yang jauh dari Ibukota Kabupaten. Ada sejumlah birokrasi yang dipangkas, dan pelayanan pemerintah makin dekat ke masyarakat. Ini adalah terobosan di bidang birokrasi ujarnya.

Seiring bertambahnya kewenangan di tingkat Lembang atau kelurahan, Theo-Zadrak juga menyiapkan remunerasi untuk aparat Lembang sebagai pelayan masyarakat di garda terdepan dalam rangka peningkatan kinerja. Kapasitas aparatur juga akan ditingkatkan.

READ  Kadisdik Sulsel Pantau Bantuan DAK dan Memotivasi Peserta Pelatihan di SMAN 1 Tana Toraja

Selain menambah kewenangan mereka, Pak Theo-Zadrak juga memperhatikan kesejahteraan aparatur Lembang melalui program remunerasi ungkapnya.”

 

Laporan : JS

Editor.    :  At

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here