BATARAMEDIA.COM | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap Lembaga Pariwisata dan Pecinta Alam Mahasiswa Islam Himpunan Mahasiswa Islam (LEPPAMI HMI) bisa membantu pemerintah bangkitkan sektor pariwisata.

Hal ini disampaikannya saat membuka Musyawarah Nasional (MUNAS) III dan Ekspedisi Pegunungan Bawakaraeng LEPPAMI HMI di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Kamis (1/7).

“Saya berharap bisa bergandengan tangan dengan pemerintah khususnya wilayah-wilayah yang mengandalkan pariwisata dan juga destinasi wisata di wilayahnya masing-masing untuk berkolaborasi,” ujar Adnan.

Di masa pandemi Covid-19 ini, Adnan mengatakan sektor pariwisata merupakan yang paling merasakan dampak seperti yang dialami Kabupaten Badung, Provinsi Bali yang Pendapatan Asli Daerah minus hingga 9 persen.

“Kalau kita merujuk pada data yang ada, ada 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan pendapatan dan kehidupannya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dengan adanya pandemi Covid-19 ini yang paling terdampak adalah pariwisata,” lanjutnya.

READ  KAPOLDA SULSEL HADIRI JOIN ANALISIS BIDANG POLITIK BERTEMA ANTISIPASI DAMPAK PEMBATAAN REVISI UU PEMILU DI SULSEL

Lanjut Adnan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berupaya untuk mengembangkan pariwisata. Salah satunya mendorong wasata Malino menjadi destinasi wisata nasional dengan melakukan pembenahan dan pelebaran jalan.

“Dengan pariwisata kita mampu membangkitkan ekonomi. Kita berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan sektor yang paling diuntungkan adalah pariwisata. Karena setelah pandemi Covid-19 ini, orang pasti akan mendatangi tempat-tempat wisata,” lanjutnya.

Selain Malino, orang nomor satu di Gowa ini mengungkapkan bahwa salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Gowa adalah Gunung Bawakaraeng yang akan menjadi lokasi ekspedisi LEPPAMI HMI.

Olehnya itu, Adnan juga menyambut baik dan mengaku senang dengan diadakannya kegiatan ekspedisi di Gunung Bawakaraeng ini. Namun dirinya tetap meminta agar seluruh peserta bisa menjaga kelestarian alam Gunung Bawakaraeng. Apalagi Gunung Bawakaraeng ini merupakan sumber mata air bagi Kabupaten Gowa dan Makassar.

READ  PPDB Online 2021, PERAK : Masuk Belakangan Itu Sarat Pungli

“Saya berharap dengan mengadakan Munas di sini ada program kongkrit yang ditinggalkan. Misalnya mari kita perbaiki hulu Gunung Bawakaraeng. Mari kita perbaiki destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia khususnya di Kabupaten Gowa supaya saudara-suadara kita bisa kembali lagi mendapatkan pekerjaan dan pendapatan,” harapnya.

Kegiatan yang diikuti 35 LEPPAMI cambang seluruh Indonesia ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI, Raihan Ariatama. Turut pula hadir mendampingi Bupati Gowa, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Fajaruddin.

 

Penulis : KD

Editor.   : AB