BATARAMEDIA.COM | Bupati Barru Ir. H.Suardi Saleh, M.Si membuka kegiatan Seminar Secara Virtual (webinar) Pendidikan dan Beasiswa yang diselenggarakan Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (SEMMI) Cabang Kabupaten Barru dan Intitut Parakhikma, Sabtu (3/7/2021).

Suardi Saleh dalam sambutannya menyampaikan apresiasi SEMMI Cabang Barru yang sukses menyelenggarakan kegiatan webinar ini.

Situasi Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memaksa semua orang harus meninggalkan pola manual, dari tunai ke transaksi non tunai, belanja langsung ke online, belajar dari tatap muka bergeser ke virtual , kata Suardi Saleh

Dalam dunia pendidikan, di Indonesia masih terdapat kesenjangan yang antar wilayah Indonesia Timur dan barat terutama dalam akses pelayanan dan kualitas pada semua level Pendidikan, untuk itu zaman Milenial atau Industri 4.0, sebagian besar masyarakat Indonesia telah memasuki era digitalisasi dan industrialisasi..

READ  Dukung Penuh Pengawasan Pemilu, Pemprov Sulsel serahkan Toyota Hiace Kepada Bawaslu

Dia menyebut, SEMMI Barru sebuah organisasi pemuda yang menjadi pelopor dan peduli pendidikan.

Suardi Saleh yang merupakan mantan Kepala Dinas PU Pinrang mengatakan, adanya kegiatan webinar ini dapat mendorong pemuda, pelajar serta mahasiswa untuk mengetahui cara mendapatkan beasiswa.

Belum lama ini, kata Bupati Barru, Pemerintah telah menjalin MOU dengan Unhas untuk membuka dua jurusan yakni Jurusan Teknologi Pakan Ternak Fakultas Peternakan dan Jurusan Program Wisata Bahari, Fakultas Ilmu Kelautan.

Dua jurusan tersebut telah disosialisikan belum lama ini, ungkap Bupati dihadapan peserta webinar.

Selanjutnya, Politeknik Akademi Teknik Industri Makassar (ATI) Makassar bekerjasama Pemkab Barru sepakat membuka Program Vokasi Industri Setara D-1 bidang Kewirausahaan Industri.

READ  Innalillahi Wa Innailaihi Raji'un Turut Berdukacita Atas Berpulangnya Ibu Hj. Suryani Ramli

Pembukaan Program Vokasi Industri Setara D-1 dalam rangka penumbuhan dan pengembangan SDM UMKM dan industri.

“Sementara ini diminta setiap Desa mengirim 2 orang perwakilan untuk mengikuti program tersebut yang nantinya menjadi pelopor pertumbuhan ekonomi di desanya” terang Bupati Barru.

Diakhir sambutannya “Bupati mengajak kepada seluruh peserta webinar agar dalam menjalani kehidupan sehari-hari, kita harus profesional, tanggungjawab, kreatif, inovatif dan tidak mudah menyerah.”

Ketua cabang SEMMI Kabupaten Barru Erwin Wijaya mengatakan, webinar bertujuan untuk me mensosialisasikan cara mendapatka beasiswa luar negeri.

Erwin Wijaya yang merupakan Mantan Ketua HIPMI Parepare menambahkan webinar telah menghadirkan pemateri yakni, Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M. Hum., MA (Wakil Rektor 1 Institut Parahikma Indonesia) dan Nurwahidah, S.Pd., M.A TESOL (Peraih beasiswa Fullbright M.A Scholarship).

READ  90 Warga Barat Lambongan Kepulauan Selayar Divaksin Covid 19

Senada disampaikan ketua bidang pendidikan dan tenaga kerja SEMMI Cabang Barru, Muhammad Ansarullah, bahwa acara ini adalah bentuk sosialisasi kepada adik-adik yang ingin mengetahui jalur-jalur mendapatkan beasiswa.

“Kegiatan ini adalah bentuk kerjasama kami SEMMI Barru dengan Institut Parahikma Indonesia sebagai kepedulian dan perhatian khususnya dibidang pendidikan bagi teman-teman yang ingin mendapatkan beasiswa sampai keluar negeri”, Tutur Dosen UNM ini.

 

( Humas Barru )

Laporan : AM

Editor.     : AB