Bataramedia | Bantaeng – Sapma pemuda Pancasila kecamatan tompobulu kabupaten Bantaeng menyelenggarakan seminar lingkungan hidup dan penyerahan 766 pohon kepada warga pattaneteang yang berlangsung di aula kantor desa pattaneteang pada tanggal 12 desember 2020.

Kegiatan yang di laksanakan dengan tema “bumi asetku, tanam satu pohon petik seribu kebaikan” merupakan kegiatan pertama yang di laksanakan oleh pengurus sapma pemuda pencasila komisariat tompobulu.

Nampak dalam Pembukaan kegiatan tersebut di hadiri oleh ketua sapma pemuda pancasila komisariat tompobulu,  kapolsek yang di wakili babinkabtibmas, kepala desa pattaneteang, dan djunaedi sebagai pemateri dari balang institute  dan masyarakat desa pattaneteang.

Ketua sapma pemuda Pancasila tompobulu dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pemuda tentang pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu upayanya dengan kegiatan seminar dan penyerahan bibit pohon.

“kegiatan ini memiiki tujuan untuk mengedukasi masyarakat dan pemuda akan pentingnya menjaga daerah aliran sungai dan hulu, salah satu upayanya dengan kegiatan seminar lingkungan hidup dan penanaman pohon” tutur naedhy

READ  Panglima TNI Siapkan Hercules Bantu Masyarakat Papua Rayakan Natal

Sementara itu kepala desa pattaneteang sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap ke depanya peran pemuda khususnya pemuda tompobulu dalam hal isu lingkungan hidup lebih aktif dan berperan penting mengambil andil dalam kegiatan kegiatan berkaitan dengan lingkungan.

“kita sangat mengapresiasi tindakan yang di lakukan oleh ketua sapma pemuda Pancasila tompobulu beserta jajaranya yang telah datang untuk melakukan kegiatan seminar ini. Kami sangat terbuka kepada siapa saja yang ingin turut ambil andil dalam memajukan desa pattaneteang ini. Semoga kegiatan ini dapat kita ambil pelajaran tentang perlunya menjaga kelestarian alam dan lingkungan khususnya pemuda saat ini” ujar kepala desa pattaneteang.

Sementara itu, kepada desa pattaneteang menjelaskan bahwa kegiatan yang berkaitan dengan isu lingkungan telah lama di gelorakan di desa pattaneteang, salah satu upayanya adalah dengan melakukan riset terhadap beberapa tanaman seperti kopi, tire, pohon aren dan sebagainya,.

READ  Rindu sesama teman SMA, Ikatan alumni SMA/STM PEPABRI MAKASSAR gelar Temu Kangen

“Sebenarnya kita telah lama melakukan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan, mulai dengan penelitian dan riset serta mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu kami mengambil tindakan penolakan untuk pembuatan jalan ke dalam hutan, alasanya adalah karena ketakutan kami ketika jalan telah masuk maka masyarakat bisa saja mengambil kayu di dalam hutan. Salah satu hasil dari tindakan riset yang di lakukan adalah dengan adanya produk sirup aren dan kualitas kopi desa pattaneteang yang telah di akui” sambung kepala desa pattaneteang.

Dalam kesempatan tersebut, djunaedi sebagai pemateri dari balang institute menjelaskan bahwa hutan yang ada di kecamatan tompobulu dapat di golongkan masih dalam keadaan baik-baik saja, di banding daerah lain di kabupaten bantaeng. Beliau juga menjelaskan program kerja yang telah di kerjakan oleh balang institute berkenaang dengan isu lingkungan.

“hutan di kecamatan tompobulu ini bisa di katakan masih dalam keadaan baik di banding daerah lain di kabupaten bantaeng, banjir yang terjadi di bantaeng pada beberapa bulan yang lalu adalah indikasi adanya kerusakan lingkungan pada daerah aliran sungai bagian tengah dan barat bantaeng. Kami dari balang institute juga mengambil peran penting kala itu, salah satunya pemetaan dampak bencana dan penyebabnya dan beberapa program lain yang berkaitan dengan isu lingkungan“ ujar edhy

READ  PDIP tanam Pohon, Bupati Gowa beri pujian

Edhy juga mengapresiasi kegiatan yang di lakukan oleh sapma pemuda Pancasila tompobulu kaitanya dengan isu lingkungan.

“kita mengapresiasi dengan kegiatan ini, walaupun kegiatan ini molor dari waktu yang di tentukan namun tidak mengurangi substansi penting dari kegiatan ini, semoga kedepannya kegiatan-kegiatan yang berkaitan  dengan isu lingkungan tetap berlanjut dan kolaborasi dengan balang institute lebih ditingkatkan lagi kedepanya” ujarnya

 

Laporan : Tw

Editor.   : Ts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here