BATARAMEDIA.COM | Kepulauan Selayar  Akibat perseteruan tentang perubahan struktur kelembagaan unsur pimpinan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Bontomalling yang dinilai tidak berdasarkan atas azas hukum telah mengakibatkan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Desa Bontomalling terancam tidak diasistensi oleh pihak yang berwenang. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar, baik Bupati HM Basli Ali maupun Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD), Irwan Baso, S.STP akan tetapi tiga anggota BPD Desa Bontomalling tetap bersikukuh untuk tidak menerima pembatalan struktur kelembagaan BPD yang sudah dibentuk berdasarkan berita acara perubahan struktur unsur pimpinan bernomor : 005/BPD/VIII/2020 tanggal 24 Agustus 2020 dari Ketua BPD, Andi Rahimung kepada Andi Rusli. Malahan ketiganya masing-masing, Andi Rusli, Saramang dan Muliati telah membuat sebuah pernyataan sikap untuk siap menanggung segala reziko termasuk konsekwensinya khususnya yang berhubungan dengan pengambilan keputusan mereka.

Sebagai akibat dari ulah dan pembangkangan yang dilakukan oleh tiga anggota BPD Desa Bontomalling kata salah seorang tokoh masyarakat Desa Bontomalling yang mendampingi Andi Rahimung menemui Bupati, HM Basli Ali di rumah jabatan baru yang terletak di Jl Jenderal Ahmad Yani Benteng, Kamis (21/10/21) maka Bupati Kepulauan Selayar telah memerintahkan kepada Kepala Dinas PMD Kepulauan Selayar untuk tidak memproses APBD Desa Bontomalling selama perseteruan mereka belum membuahkan hasil. Selain itu, Bupati juga sudah memerintahkan Kepala Inspektorat Kepulauan Selayar, AR Krg Magassing, SH MH untuk segera memproses Kepala Desa Bontomalling, Andi Suhri.” ungkap dia.

READ  Tak Miliki Izin dan Diduga Bermasalah, PERAK Soroti Proyek 6 Rumah SROP Distrik Navigasi

Kami menemui Bupati, HM Basli Ali di rumah jabatan yang terletak disebelah utara Kantor Bupati Kepulauan Selayar Benteng. Saya dampingi Ketua BPD Desa Bontomalling, Andi Rahimung. Saat kami dipersilahkan duduk, ternyata Kepala Dinas PMD, Irwan Baso sudah ada. Setelah kami memberikan penjelasan kepada Bupati sekaitan dengan perubahan struktur unsur pimpinan di intern BPD Desa Bontomalling, beliau langsung perintahkan Irwan Baso untuk tidak memproses dokumen APBDes nya. Dan bahkan saat kami masih berada dihadapan mereka, Bupati Kepulauan Selayar juga sudah menghubungi telfon genggam milik Kepala Inspektorat, AR Krg Magassing untuk segera memproses Kepala Desa Bontomalling, Andi Suhri.” pungkas sumber ini saat menemui BATARAMEDIA.COM di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo Bonehalang Kelurahan Benteng Kecamatan Benteng Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan.

READ  IJTI Kalbar Minta Polisi Proses Pidana 3 Oknum Wartawan Pemeras di Sintang

Camat Pasi’masunggu Timur, H Awil Taiyeb yang dihubungi via selulernya, Sabtu (23/10/21) sekitar pukul 07.05 Wita pagi tadi membenarkan adanya perintah itu kepada Kepala Dinas PMD Kepulauan Selayar. “Memang dari awal perseteruan ini kami sudah banyak menerima laporan dan pengaduan dari warga setempat. Bahkan kami dari Pemerintah Kecamatan Pasi’masunggu Timur sudah pernah mencoba memfasilitasi sekaitan dengan permasalahan BPD Desa Bontomalling namun oleh tiga anggota BPD nya tetap bersikeras mempertahankan Andi Rusli sebagai Ketua BPD. Olehnya itu, Bupati, HM Basli Ali sudah memerintahkan Kadis PMD untuk tidak memproses APBDes nya selama perseteruan mereka belum terselesaikan. Sebab akan berdampak pada penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan” tandasnya.

H Awil juga menyampaikan bahwa Kadis PMD telah memerintahkan kepada kami selaku Camat untuk tidak menandatangani segala sesuatu yang berhubungan dengan BPD Desa Bontomalling. Apalagi perubahan struktur unsur pimpinan BPD nya terkesan sepihak tanpa memikirkan dampak negatif yang akan timbul dikemudian hari. Jika merujuk pada aturan, penggantian Ketua BPD dari Andi Rahimung kepada Andi Rusli sangat tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Dan ini hanya menggunakan sikap emosional yang tak terkendalikan. Sehingga menimbulkan kesalahan yang cukup fatal dan tidak dapat ditolerir dan akan mengakibatkan tidak cairnya anggaran desa di Bontomalling” katanya.

READ  JPU Hadirkan 4 Saksi Sidang Kasus Pencurian di Mini Market Surya Jaya

Oleh Kadis PMD, Irwan Baso juga sudah mengeluarkan surat pembatalan perubahan struktur unsur pimpinan BPD Desa Bontomalling pada 12 Maret 2021 melalui suratnya bernomor : 045.2/23/III/2021/DIS.PMD yang menegaskan agar perubahan struktur pimpinan BPD Desa Bontomalling dibatalkan dengan dalih karena tidak memiliki alasan yang jelas serta tidak diatur dalam Tata Tertib BPD Desa Bontomalling. Namun tetap oleh tiga anggota BPD nya tidak mau mengindahkan perintah itu.” ujar Camat Pasi’masunggu Timur.

 

Penulis : DSJ

Editor.  : AB