Bataramedia | Jeneponto – Menyusun Perencanaan Penggunaan dana yang efisien dan berorientasi pada peningkatan mutu sangat penting dilakukan oleh madrasah untuk meningkatkan kompetensi perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana yang diperoleh dari berbagai sumber, salahsatunya Dana BOS. Kementerian Agama Kab.Jeneponto menyelenggarakan Bimbingan Teknik Penerapan EDM dan e-RKAM bagi tim inti madrasah di Kab.Jeneponto, bertempat di MTSN 2 Jeneponto, Senin (30/11/2020).

Diikuti oleh tiga tingkatan madrasah yaitu MA, MTS dan MI yang berada di Kec.Rumbia dan 2 MTsN dari Kelara dan Saroppo, berjumlah 39 orang, dimana tiap madrasah diikuti oleh 3 orang peserta yaitu Kepala Madrasah, Bendahara dan Staf. Dengan 3 orang pemateri, Nurdin S.Ag M.MPd, Wira Suharto, S.Pdi dan Dra.Hj.Jasmini.

READ  Kabid PSMK pantau kesiapan BLUD dan pelaksanaan PPDB SMKN 9 Makassar

Evaluasi Diri Madrasah (EDM) adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan di tingkat Madrasah berdasarkan indikator indikator kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). melalui EDM, Madrasah dapat mengetahui aspek aspek yang perlu di tingkatkan, serta kekuatan dan kelemahan yang ada di madrasah dapat di identifikasi. Hasil EDM akan digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis jenis program kegiatan prioritas dalam penyusunan rencana peningkatan dam pengembangan madrasah yang dituangkan dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM) Sedangkan e-RKAM (Elektronik Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah) atau rencana kerja dan anggaran madrasah berbasis elektronik yang dikembangkan Kementerian Agama. Platform e-RKAM merupakan sebuah terobosan penting untuk mendorong tata kelola pendidikan pada madrasah yang efektif dan efisien.

READ  Wabup Ajak Pelajar Enrekang Jadi Pionir Gerakan Anti Narkoba

Ketua Tim Inti Madrasah menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi operator dalam penyusunan perencanaan dan penggunaan anggaran yang dituangkan dalam aplikasi e-RKAM dan diharapkan bisa mengikuti kegiatan dengan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di sekolah masing masing dengan mudah dan tidak membebani pihak pengelola madrasah.

 

Laporan : JS

Editor.    : Ts