BATARAMEDIA.COM, Kepulauan Selayar   Berkas perkara tersangka kasus dugaan pencurian yang terjadi di Mini Market Surya Jaya di Jl AP Pettarani Kelurahan Benteng Selatan Kecamatan Benteng Kepulauan Selayar Propinsi Sulawesi Selatan pada awal Juni hingga awal Juli 2021 lalu yang ditengarai pelakunya adalah seorang warga turunan Tionghoa yang berinisial JF (42) oleh tim penyidik Pidana Umum Kepolisian Resor Kepulauan Selayar sudah dikirim ke Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat pada pekan lalu.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar melalui Kepala Unit Pidana Umum (Kanit Pidum) pada Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) ketika dikonfirmasi melalui WhatsAppnya sore tadi sekitar pukul 16.15 Wita, Selasa (17/08/21) mengemukakan jika berkas tersangka JF sudah dikirim ke Kejaksaan pada minggu lalu. “Berkas perkara tersangka JF seorang warga Jl KH Hayyung Benteng sudah dikirim ke Kejaksaan. Sedangkan tersangkanya masih mendekam dalam sel tahanan di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Jl Robert Wolter Mongisidi.” pungkasnya.

READ  Mantan Kades Menara Indah, Mustafa Tinggalkan Sejumlah Bengkalaian

Setelah berkasnya dinyatakan lengkap (P21) lanjutnya, maka oleh tim penyidik Kejari akan memberitahukan kepada tim penyidik Unit Pidum Polres untuk melakukan tahap II yakni penyerahan berkas dan tersangka untuk diproses lebih lanjut di Kejari Kepulauan Selayar.” Pernyataan itu diungkapkan Aipda Kaharuddin selaku Kepala Unit Pidana Umum.

Seperti diungkapkan sebelumnya, tersangka JF akan dijerat dengan pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan dengan cara memasukkan barang berupa minyak gosok, dancow, sabun, minyak rambut dan lain-lainnya kedalam saku celana miliknya. Tindakan tersangka terekam Closed-Circuit Television (CCTV) yang dimulai pada 12, 14, 23, 27, 29 Juni serta pada tanggal 1 dan 2 Juli 2021 yang lalu. Akibat prilaku dan perbuatan ini telah menguatkan bagi Kepolisian untuk menetapkan JF sebagai tersangka.” katanya.

READ  Ditengarai Korupsi, Oknum Kepala Desa Kohala Dilaporkan ke Kejati Sulsel

Sebelumnya juga Kanit Pidum Polres Kepulauan Selayar telah memeriksa sejumlah saksi. Diantaranya pemilik Toko Mini Market Surya Jaya, Haryanto (47) serta dua orang karyawannya yaitu Sri Maya Novita Dewi (20) seorang warga Dusun Kampung Tangnga Desa Teluk Kampe Kecamatan Pasi’masunggu Pulau Jampea dan Putri Wulandari (21) warga Dusun Palemba Desa Kalepadang Kecamatan Bontoharu Kepulauan Selayar.

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB