BATARA MEDIA.COM | Isu kesejateraan masyarakat gencar di gaunkan oleh sejumlah pihak. kali ini Andi Fadli Nur Kepala Desa Paccing Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone angkat bicara soal masa depan dan kesejahteraan Aparat Desa.

ia menilai beban kerja yang di emban oleh aparat desa Non PNS selama ini sangat berat sehingga perlu di pikirkan kesejahteraanya.

Menurutnya beban kerja aparat desa sangat penting di perhitungkan Karena memiliki peran yang cukup tinggi sebab berada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan.

meski di akuinya gaji aparat desa saat ini sudah ada perubahan. “gaji aparat desa sudah ada perbaikan gajinya sudah setingkat PNS Golongan 2c”.

Namun begitu ia mengaku tetap perihatin lantaran gaji aparat desa tidak di terima setiap bulan seperti halnya PNS.

READ  Fatayat NU Sulsel: Bom Gereja Katedral adalah teror Kedamaian Kota Makassar

“coba bayangkan ndi. kalau aparat desa hanya terima 5 juta tapi terimanya setiap 4 bulan, meraka bahkan harus pinjam dulu untuk biaya operasionalnya sehari hari. giliran terima gaji habis untuk bayar hutang”.

menurutnya aparat di tingkat desa sudah harus di perjuangkan statusnya minimal kontrak. Hal lain, juga yang menjadi pertimbangan jangka panjang jika pergantian pemimpin kalau misalkan statusnya jelas tentu akan tetap di pada posisinya.

“contoh di Desa Paccing jika kadesnya saya tentu aparat yang sudah ada akan saya pertahankan selama tugas dan fungsinya jalan”.

Hal lain bisa saja terjadi jika dirinya tidak lagi menjabat kepala desa.Fenomena ini banyak terjadi setelah pemilihan biasa ada resufle di jajaran pemerintahan desa. Nah, kalau itu yang terjadi bagaimana nasib aparat yang sudah mengabdikan diri.

READ  Amir Uskara wakafkan buku di perpustakaan lorong desa yang ada di sulsel

olehnya itu, pemerintah sudah harus berpikir bagaimana memberikan jaminan kesejahteraan melalui upaya penguatan status yang dimiliki oleh aparat desa menjadi minimal tenaga kontrak. Harap Andi Fadli.

 

Penulis ; UD

Editor.   ; TS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here