Bataramedia – wilayah Kabupaten Bantaeng akhir-akhir ini menjadi langganan banjir terkhusus di area Terminal Pasar Sentral Kelurahan Bonto Sunggu Kecamatan Bissappu.

Di lihat dari salah satu akun facebook yang menggugah terjadi banjir kembali menggenangi area tersebut sehingga memancing berbagai respon warga net,  tak terkecuali Wakabid Advokasi GMNI Bantaeng Ridwan Gallarang.

“Banjir yang kerab kali mengenangi pasar baru setiap pasca hujan telah menjadi pemandangan tak biasa dua tahun terakhir, tentunya ini sangat meresahkan masyarakat atau pedagang yang melakukan aktivitas setiap harinya disana” terang Ridwan Gallarang, Senin (8/11/2021).

Dirinya menyayangkan tanggapan pemerintah yang seolah abai dengan kondisi tersebut, menurutnya ini bukan soal hulu atau hilir melainkan jalur pembuangan yang bermasalah maka seharusnya peran sentral pemerintah dibutuhkan untuk mencari jalan keluar akan persoalan tersebut.

READ  Wakabid Politik GMNI Bantaeng, Anak Petani Yang Berbicara Keluhan Petani 2020

“Kita sungguh menyayangkan kejadian ini, seharusnya ada perhatian khusus dari pemerintah terkait bukannya seolah abai saja menyaksikan, sedapat mungkin peran pemerintah diperlihatkan mencari jalan keluar karena ini bukan soal hulu atau hilir melainkan jalur pembuangan yang bermasalah sehingga air jadi tergenang dilengkapi sampah yang berserakan” Tambah pemuda asal Sinoa ini.

Kejadian banjir yang berulang-ulang melanda area tersebut dinilainya perlu mendapat perhatian khusus karena walau hujan dengan intensitas rendah mendera, acap kali air jadi tergenang dan banyak sampah berserakan.

“Pasca banjir bandang tahun 2020 melanda Bantaeng, sebagaimana area ini menjadi titik terparah dan kembali berulang ditambah banyak sampah berserakan tiap hujan menderah walau dengan intensitas rendah, sudah semestinya Pemerintah terkait selaku yang punya wewenang memberi perhatian khusus agar hal ini tak terulang-ulang” lanjutnya

READ  Merasa di PHP sama Diskumdag, Pengurus GMNI Bantaeng Lakukan aksi unjuk Rasa

Dirinya juga mempertanyakan efektivitas mitigasi bencana sebelum saat dan pasca terjadi banjir disaster governance (tata kelola bencana) yang diterapkan pemerintah Kabupaten Bantaeng.

“Atas kejadian banjir yang berulang-berulang melanda area pasar baru terkhusus diterminal dalam dua tahun terakhir ini, maka patut kita pertanyakan efektivitas mitigasi bencana sebelum saat dan pasca terjadi banjir disaster governance yang diterapkan pemerintah Kabupaten Bantaeng” Kunci eks mahasiswa Unismuh Makassar ini