Bakar Sampah Untuk Mengusir Nyamuk Kandang Ternak Ikut Terbakar

84

BATARAMEDIA | Bone- Kebakaran menghanguskan kandang ternak sapi milik Abd.Karim (48) warga masyarakat Desa Massila Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Senin 14/6/2021 malam. Beruntung sapi yang menempati kandang tersebut berhasil diselamatkan.

Kebakaran di Desa Massila, berawal saat sang pemilik kandang Abd.Karim membuat perapian di kandang untuk mengusir nyamuk lalu perapian ditinggal begitu saja.

Tak berapa lama, api merambat ke kayu dan jerami yang ada di sekitar kandang sapi. Kebakaran berlangsung cukup lama dari pukul 18.15 wita hingga pukul 20.00 wita atau hingga hampir dua jam.

UPT Pemadam Kebakaran Kecamatan Kahu Kabupaten Bone mengatakan pihaknya mendapat pemberitahuan 15 menit setelah kejadian.

“Kami kerahkan personel dan satu unit mobil pemadam kebakaran (untuk memadamkan api),” ucapnya

READ  Rapat Pleno BPK Pemuda Pancasila dalam mengambil langkah strategis dan Persiapan Pengkaderan

Kapolsek Patimpeng bersama dengan Bhabinkamtibmas turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan penanganan kebakaran.

Di dalam kandang yang terbakar itu terdapat beberapa ekor sapi, beruntung bisa diselamatkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. tapi kandang sapi ludes terbakar hanya menyisakan puing bangunan yang terbakar.
“Kerugian masih dihitung, belum dapat dipastikan,”

mengimbau masyarakat lebih hati-hati ketika membakar sesuatu yang berdekatan dengan bangunan. Jika membakar sampah hendaknya ditunggu dahulu hingga api padam atau dipadamkan terlebih dahulu sebelum ditinggal.
“Kalau mau membakar usahakan jauh dari benda yang mudah terbakar,” ucap Kapolsek.

Kapolsek Patimpeng Iptu Makmur menambahkan, rumah pemilik kandang tidak ikut terbakar, hanya kandang saja. Dia pun meminta kejadian kebakaran di Desa Massila ini jadi pelajaran.

READ  Bupati Bantaeng Panen Raya VUB Padi Khusus dan VUB Spesifik Lokasi

“Saat kejadian angin berhembus kencang jadi mudah merambat pada jerami ucap Kapolsek.

Saat ini masih banyak warga yang membuat perapian di sekitar kandang sapi milik mereka. Rata-rata alasannya untuk mengusir nyamuk. Selain itu ada juga yang beralasan membakar kotoran dan sampah.

 

Penulis ; KR

Editor.   ; AB