BATARAMEDIA.COM – BULUKUMBA – Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf–yang akrab disapa Andi Utta–menghadiri dan buka Kegiatan Yess Expo dan Open Day Pameran Produk Pertanian SMK di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Bulukumba, Kamis (28/10) lalu.

Kegiatan yang digelar selama 4 hari (20-31/10) ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Bulukumba HA Edy Manaf dan beberapa pimpinan Organissasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bulukumba.

Sementara yang menjadi peserta Pameran Produk Pertanian adalah seluruh SMK yang memiliki Jurusan Pertanian yang ada di Bantaeng – Bulukumba. Selain itu, juga turut ambil bagian adalah PKK Bulukumba, Polbangtan Gowa, UMKM, dan Dinas Petanian dan Perkebunan Bulukumba.

Menurut Bupati Bulukumba, pelaksanaan Yess Expo dan Pameran Produk Pertanian bagi SMK ini yang bersamaaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun hari ini, sangat relevan dengan semangat hari Sumpah pemuda tahun ini.

Katanya, menggali dan mengembangkan potensi pertanian saat ini harus menjadi prioritas dan menjadi fokus bagi pemerintah daerah. Pihaknya bersyukur karena Kabupaten Bulukumba dianugerahi dengan kondisi alam yang sangat subur, baik pesisir maupun di pegunungan.

READ  Kadisdik Prov.SulSel, Resmikan Bangunan Fisik DAK Tahun 2020

Olehnya, bidang pertanian masih menjadi sektor utama pendukung utama penghasilan dan pendapatan domestik regional bruto sebesar 36,86 persen.
Kontribusi pertanian Bulukumba sangat besar karena didukung oleh luas lahan pertanian, baik lahan persawahan maupun perkembunan.

“Jika selama ini cara pandang masyarakat melihat petani yang tradisionil, maka saat ini kita harus merubah mindzet untuk memandang pertanian secara modern. Petani yang berwawasan global, memiliki inovasi dan multiproduktif dan kompetitif. Petani yang berwawasan global dan melek teknologi inilah kita harapkan tumbuh dan dilakoni oleh generasi muda milenial,” tutur Andi Utta

Andi Utta menaruh harapan besar kepada petani muda milenial, untuk bagimana meningkatkan hasil produktivitas pertanian termasuk mendorong dan memgelola hasil pertanian yang berdaya saing, melalui berbagai ternologi pertanian.

READ  Sapras Prokes Covid-19 Sudah Lengkap, SMAN 8 Bulukumba Siap PTM Terbatas 26 Juli Mendatang

“Sakarang ini para petani muda milenial diharapkan mengambil alih dan berperan pada sektor pertanian, sehingga hasil pertanian Bulukumba bisa lebih kompetitif dan lebih berdaya saing di berbagai jenis unggulan, baik pasar regional mupun untuk kepentingan ekspor,” harapnya.

Olehnya itu, Pemerintah Bulukumba menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi melalui pameran produk pertanian ini yang tentunya akan menumbuhkan motivasi bagi kita, khususnya di kalangan generasi muda untuk tidak malu berkecimpung di pertanian.

“Karena kita berada di daerah agraris jadi seharusnya kita bangga menjadi petani yang profesional. Stigma bahwa petani itu adalah kampungan harus kita hapus menjadi lebih bangga menjadi anak petani atau bangga menjadi petani muda milenial,” ungkapnya.

Saat ini, kata Andi Utta, peran petani muda milenial sangat penting, karena mereka masih memiliki jiwa adaptif dan memahami teknologi digital pertanian, sehingga tidak telralu kaku dan mudah mengindentifikasi dan memodifikasi hasil pertanian termasuk teknonologi pertanian.

READ  Hadiri Dies Natalis UIN Alauddin Makassar, MB Ucapkan Selamat

“Peran petani milenial di masa sekarang menjadi penentu masa depan pertanian. Olehnya itu, kita berharap Pemkab Bulukumba dapat bersinergi dengan Program Yess terutama dalam penyiapan bibit unggul untuk pertanian dan perkebunan di Bulukumba,” harap Bupati Bulukumba yang selalu tampil berkacamata ruben ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Bulukumba didampingi Wakil Bupati HA Edy Manaf, Anggota DPRD Bulukumba, Kacabdisdik Wilayah V Bantaeng – Bulukumba Haris, S.Kom, MM, dan beberapa pimpinan OPD mengunjungi beberapa stand pameran, termasuk stand-stand pameran SMK yang memamerkan hasil-hasil produk pertanian.

Kegiatan Yess Expo dan Pameran Produk Pertanian ini yang dilaksanakan di GOR Bulukumba ini ditunjuk sebagai pelaksana dan penanggungjawab kegiatan adalah Kepala SMKN 11 Bulukumba, Sayed Khaidir, S.Pd.

 

Laporan : ARS

Editor.     : AB