BATARAMEDIA.COM – MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman me-‘warning’ Plt Kadisdik Sulsel Imran Jausi di Peringatan Hari Guru Nasional yang digelar di Mall Nipah Makassar, Kamis (25/11).

Warning itu adalah terkait beberapa program yang telah diluncurkan Plt Gubernur Sulsel di bidang pendidikan, termasuk beberapa kerjasama (Memorandung of Understanding atau MoU) di bidang pendidikan yang selama ini telah dilakukan.

Andi Sudirman tidak ingin program yang telah diluncurkan olehnya dan Disdik Sulsel tidak berjalan sesuai dengan harapan dan hanya sekadar kegiatan seremoni saja tanpa tindak lanjut yang nyata.

“Seperti Program Literasi Kitab Suci Alqur’an dengan membaca 2 lembar setiap hari, suatu saat saya akan mengecek langsung di sekolah, apakah terlaksana atau tidak. Termasuk saya akan bertanya ke guru atau siswa dan menghitung jumlah lembaran yang mereka sudah baca, itu sudah ada catatannya di saya sejak mulai diluncurkan,” katanya.

READ  Dapat Jatah 5 Guru 3T, Kacabdisdik Wilayah V Harap Jadi Motor Penggerak Kemajuan di SMKN 11 Bulukumba

Demikian juga program tanam pohon bagi guru dan siswa di satuan pendidikan SMA, SMK dan SLB se-Sulsel, Andi Sudirman berjanji suatu saat akan mengecek langsung secara mendadak dan secara acak, apakah terlaksana atau tidak ini program di sekolah.

“Saya nanti akan turun langsung ke sekolah-sekolah mengecek program tanam pohon ini yang telah kita luncurkan. Termasuk jumlah pohon yang telah ditanam oleh guru dan siswa baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah, dan akan saya lihat langsung apakah pohon itu ada dan dipelihara atau tidak,” tegasnya

Selain itu, program-program pendidikan yang sudah di-MoU-kan seperti dengan pihak Industri dan dunia kerja terkait dengan alumni SMK. Hal ini juga akan dikroscek oleh Plt Gubernur, apakah ini terlaksana atau tidak.

READ  Prof Jufri Ungkap 4 C di Depan Peserta Workshop Skill Bahasa Inggris Siswa SMK

“Nantinya saya akan turun juga ke Industri dan dunia kerja yang telah MoU dengan kita untuk mengecek berapa jumlah siswa SMK yang terserap masuk bekerja di perusahaan itu,” tegas Adik Mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman ini.

Pada peringatan HGN Tingkat Sulsel kali ini turut dihadiri Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika, beberapa Kepala OPD Pemprov Sulsel, Plt Kepala LPMP Sulsel Halim Muharram, Dewan Pendidikan Sulsel, Seluruh Pejabat eselon III dan IV Disdik Sulsel, beberapa Kepala UPT SMA, SMK, SLB dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel, dan unsur terkait lainnya termasuk guru dan siswa.

Di HGN kali ini juga digelar Pameran Gebyar SMA, SMK dan SLB serta berbagai macam kegiatan serta lomba bagi guru dan siswa yang akan dilaksanakan selama 3 hari, 25-27 November 2021 di Mall Nipah Makassar.

READ  Kadisdik Sulsel Apresiasi Maulid dan Khatam Al-Qur’an SMAN 2 Makassar

 

 

Penulis : HRS

Editor.   : AB