BATARAMEDIA.COM | Seorang pria berinisial JF (42) warga Jl KH Hayyung Benteng Selayar Propinsi Sulawesi Selatan dalam menjalankan aksinya terekam CCTV di Toko Mini Market Surya Jaya milik Haryanto di Jl AP Pettarani Benteng Selatan, Kamis (01/07/21) pekan lalu. Pelaku yang juga turunan Tionghoa ini berpura-pura membeli mie instant merk Sejati dan membayarnya dikasir setelah kedua saku celananya sudah penuh dengan barang curian berupa minyak gosok, sabun, minyak rambut dan lain-lain. Melihat gelagat pelaku yang mencurigakan itu, kasir yang juga anak pemilik Mini Market memerintahkan karyawannya Sri Maya Novita Dewi (20) untuk mengintip pelaku dari jauh.

Setelah dilakukan penelusuran ungkap Haryanto kepada BATARAMEDIA.COM di Mini Market Surya Jaya, Rabu (07/07/21) ternyata dalam rekaman CCTV itu, pelaku bukan hanya beraksi pada Kamis 01 Juli itu. Namun berdasarkan hasil rekaman, aksi pencurian sudah berkali-kali dilakukannya. Diantaranya pada 27 dan 29 Juni dan nanti diketahui pada Kamis (01/07/21) pekan lalu. Ada kekhawatiran pada hari-hari sebelumnya kedatangan pelaku berbelanja di toko ini cuma sebuah modus saja. Karena menurut beberapa karyawan menyebut bahwa kehadirannya hampir setiap hari pada bulan Juni itu hingga timbul kecurigaan pada 1 Juli 2021 pekan lalu.” ungkapnya.

READ  Sempat mau melarikan diri, Buruh Bangunan Pemilik 2050 Butir Obat Daftar "G" Di ringkus polisi

Kecurigaan itu muncul sebab kadang pelaku berputar-putar dalam toko hingga setengah jam dan bahkan kadang menghampiri satu jam. Sementara ketika melakukan pembayaran di kasir, pelaku hanya membayar mie instant dan sabun dangdut dengan nilai yang kurang diterima secara akal sehat.” tandas Anto kesal.

Dalam rekaman Closed-Circuit Television (CCTV) yang terpasang di toko itu lanjut dia, pelaku terlihat mengambil sejumlah minyak gosok yang tidak jauh dari kasir. Tak cuma itu, sabun, minyak rambut dan dancow juga ikut dijarah. Akibat perbuatan ini, korban mengaku mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.” paparnya seraya mengimbuhkan jika ada dua karyawan yang melihat JF saat melakukan aksinya. Masing-masing warga Jampea bernama Sri Mala Novita Dewi dan Putri Wulandari warga Palemba Desa Kalepadang.

READ  Kejari Selayar Periksa 16 Saksi Dugaan Korupsi Runway Strip Bandara H Aroeppala Padang

Sri Mala Novita Dewi (20) seorang karyawan Mini Market Surya Jaya ketika ditemui kemarin malam mengimbuhkan,” Pada Kamis 01 Juni itu, saya diminta oleh Gabriella (17) seorang kasir yang juga anak dari bos Anto untuk mengintip pelaku dari jauh. Dengan spontan saya mencari tempat yang strategis untuk mengintip pelaku. Dan ternyata kecurigaan itu terbukti sudah.

Saya melihatnya JF sedang memasukkan beberapa buah minyak gosok ke dalam saku celana yang dikenakannya pada bagian kiri dan kanan. Sayapun berpindah tempat setelah dia sempat melihat saya sedang mengintipnya. Polisi juga sudah memanggil saya untuk dimintai keterangan. Sedangkan temannya saya Putri masih ada di Makassar.” kata warga Kampung Tangnga Jampea ini.

READ  Terkait Dugaan Korupsi Bandara H Aroeppala Padang Djusman AR Suppor Kejari Kepulauan Selayar

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kepulauan Selayar melalui Kepala Unit Tindak Pidana Umum (Kanit Pidum) Aipda Kaharuddin yang dikonfirmasi via selulernya membenarkan kejadian itu. “Kasus dugaan pencurian yang terjadi di Mini Market Surya Jaya Kelurahan Benteng Selatan sudah dalam proses pemeriksaan sejumlah saksi. Dari beberapa saksi yang akan diperiksa sampai hari ini sudah dua saksi yang dimintai keterangannya. Satu diantaranya masih berada di Makassar. Insha Allah kembali dari luar daerah, pihak kepolisian akan memanggil dan memintai keterangan.” pungkasnya kepada media ini.

Kaharuddin juga menambahkan jika oknum pelakunya JF sudah kita amankan di Markas Kepolisian Resor (Mapolres) sejak Rabu (07/07/21) kemarin. ” Pelakunya sudah kita tahan di Mapolres sejak kemarin.” kata dia.

 

 

Penulis : DSJ

Editor.   : AB