BATARA MEDIA.COM | Sebanyak 7 (tujuh) Kepala SMK Negeri se Sulawesi Selatan melakukan presentasi di hadapan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog di Ruang Kerja Kadisdik Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar, Senin (15/3).

Hadir mendampingi Kadisdik Sulsel sebagai tim penilai, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dra Hj Andi Ernawati, MPd.

Ketujuh Kepala SMKN yang melakukan presentasi adalah SMKN 2 Sidrap Ir H Budiyanto, MSi, SMKN 3 Soppeng Mumayiz, SPd, MM, Kepala SMKN 7 Takalar, Sunardi, SPd, SMKN 8 Makassar,
Dr. Asnah Baharuddin, M.Pd, SMKN 7 Pinrang, Abdul Kadir, SPd, MPd, SMKN 1 Bantaeng, Drs. Syamsud Samad, MM, dan SMKN 10 Makassar, Andi Umar Patta, SPd.MSi.

READ  Peletakan batu pertama Masjid Ar-Ridwan SMKN 9 Makassar

Prentasi ini, kata Kepala Bidang Pembinaan SMK, Hj Andi Ernawati, merupakan salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).

SMK Pusat Keunggulan, kata Andi Ernawati, merupakan program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) sebagai asosiasi dari program Sekolah Penggerak (SP).

“Sekolah yang mendaftar sebagai SMK PK adalah SMK yang telah mendapatkan bantuan Pengembangan SMK CoE tahun 2020, yang ingin menjadi pelaksana program SMK PK tahun 2021,” tutur mantan Kacabdis Wilayah II ini.

Kadisdik Sulsel Prof Jufri memberi apresiasi para kepala SMK yang melakukan presentasi dengan masing-masing memaparkan keunggulan, visi misi dan, peta jalan selama kurang waktu 5 tahun mendatang.

READ  Gubernur NA Resmikan Pemakaian Arsinum Karya BPPT Bersama Siswa SMK Sulsel

Prof Jufri memberikan masukan kritikan setiap pemaparan para Kepala SMK, misalnya mempertajam pembahasan, memilih judul yang menarik, kalau perlu sedikit provokatif, katanya.
Proposal yang akan diajukan ke Dirjen Pendidikan Vokasi sedapat mungkin memberikan banyak potensi keunggulan yang akan dikembangkan di sekolahnya masing-masing, seperti adanya penguasaan hardskill dan softskill yang berbanding 20 : 80 persen.

Prof Jufri juga menyarankan untuk memperkaya proposal yang akan diajukan dengan melampirkan sejumlah kerjasama dengan lembaga mitra.

Program SMK Pusat Keunggulan, kata Prof Jufri, merupakan program pengembangan SMK dengan program pengembangan keahlian tertentu dalam meningkatkan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja serta menjadikannya sebagai rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

READ  Prof Jufri Tekankan Sinkronisasi, Sinergitas dan Koordinasi dalam Kegiatan Rakorwas

 

Penulis ; MS

Editor.   ; TS