BATARAMEDIA.COM | Bone, Bataramedia.com-Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan mulai mencanangkan program hafal Al Qur’an 30 juz siswa SLB khusus Tuna Netra.

Program tersebut sejalan dengan program pemerintah yang di inisiasi PLT Gubernur Sul-Sel, Andi.Sudirman Sulaiman saat ini, sebagai bentuk penguatan Literasi Kitab. Ujar Kabid PPKLK Disdik Sul-Sel Dr.H.Basri.S.Pd.,M.Pd Saat membuka Musyawarah Kerja KKKS dan KKG Gugus V Wilayah Bone Soppeng Wajo di SLB Negeri 1 Bone Kamis, 26/08/2021.

“Program hafal Al Qur’an kita mulai tahun ini, jadi mohon kepada pengawas, kepala sekolah SLBN dan Swasta untuk mensupport program tersebut sebab sekolah khusunya SLB harus punya kompetensi yang lebih luas untuk menjaga indentitas. dan program ini diharapakan bisa memberi semangat baru.” Terang Dr.H.Basri.

READ  Kadisdik Sulsel Kunjungi Kondisi SMAN 5 Sinjai yang Dilanda Banjir

Disamping itu, lanjut Dr.H.Basri program ini harus di ditekan dan butuh konsen. tidak sekedar di terima sebagai program baru. Tapi tentu kita menginginkan output yang jelas nantinya.

Beliau berharap lepas kegiatan Musyawarah tersebut diminta  kepada jajaran pengawas agar program literasi kitab yang dicanangkan pemerintah provinsi sesegera mungkin di sosialisikan kebawah.

Program literasi Kitab ini menurutnya harus punya output  yang bisa kita ukur. indikator yang kita harapkan adalah siswa mampu menghafal Al Qur’an 30 juz.

Oleh karena itu, program ini diharapkan kedepannya mampu memberikan kepercayaan diri dan tentu upaya kemandirian bagi siswa dengan nilai tambah yang di miliki terutama dalam hal hafalan.

READ  Kadisdik Sulsel Apresiasi 14 Siswa SMK Wakil Sulsel ke FLS2N; Prof Jufri : Perbanyak Pembinaan Untuk Lahirkan Talenta Muda

“program ini tidak hanya merupakan identitas tapi akan menjadi amal jariah bagi kita semua”. Kalau kita mampu mematankan hafalan siswa tuna netra minimal 2 saja satu SLB. tentu bukan angka sedikit sebab di Sul-Sel ada 84 SLB,  jadi setiap tahunnya kita mampu memcetak hafidz kurang lebih 168 orang.”

Tentu angka yang kita harapkan kedepannya jika ini berjalan dengan maksimal, lebih banyak tentu akan lebih baik.

 

Penulis ; UDN

Editor.   : AB