HIMPAUDI Maros Kunjungi Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak

PENDIDIKAN

BATARAMEDIA.COM – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Kabupaten Maros yang terhimpun dalam organisasi (HIMPAUDI) yang terdiri dari perwakilan dari 14 Kecamatan dan perwakilan Kabupaten dikoordinir langsung Ketua Umum Hj. Haeriah Rahman, SP melaksanakan kunjungan ke Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak Kabupaten Maros.

Dalam sambutannya Hj. Haeriah Rahman yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Maros ini mengharapkan ada kerjasama antara HIMPAUDI Maros dengan Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak. Anak PAUD bisa secara bergilir dan terjadwal berkunjung ke LPIA Maros. Fasilitas yang disediakan bisa dimanfaatkan oleh para Ibu sebagai tempat berkegiatan dan anak untuk bermain serta meningkatkan minat bacanya.

Sementara itu Ketua Harian HIMPAUDI Maros Fitriani, S.Pd berterima kasih atas sambutan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros yang telah menerima dengan baik dan memfasilitasi kegiatan ini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maros Amiludin A sangat mengapresiasi hadirnya para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini di Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak serta atas kerjasamanya didalam mengembangkan dan menumbuhkan kecerdasan literasi keluarga dan literasi anak-anak usia dini di Kabupaten Maros.

Lebih lanjut Amiludin A mengatakan bahwa menumbuhkan kecerdasan literasi anak harus dimulai dengan mendorong minat baca anak, bagaimana anak-anak itu bisa gemar membaca untuk perkembangan otak mereka sehingga memberikan hal-hal positif kepada anak-anak. Membawa dan membiasakan sejak dini anak-anak ke perpustakaan Ibu dan Anak sangatlah tepat sehingga sejak usia dini literasi melengket di mindset mereka. Kebiasaan membaca yang sudah tertanam dan terbiasa sejak dini amat sangat sulit bisa mereka lupa dan ini akan tertanam sepanjang masa.

Apalagi di era saat ini, terdapat gagdet atau alat gawai yang memiliki dampak maupun bahaya bagi anak. Di Layanan Perpustakaan Ibu dan Anak Kabupaten Maros tersedia beberapa fasilitas diantaranya : Ruang bermain anak yang dilengkapi sarana permainan edukasi, Ruang Koleksi Anak, Ruang Koleksi Ibu, Ruang Laktasi, Ruang Pertemuan dan Pelatihan Bagi Para Ibu (Ruang Edukasi) serta Ruang Staf.

Diakhir sambutannya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupupaten Maros menyampaikan akan membuat MoU dengan HIMPAUDI Maros dalam mengembangkan budaya litersi di Kabupaten Maros.