Kadisdik Sulsel Buka Kegiatan Skema Pemadanan Dukungan Industri di BPPMPV-KPTK Gowa

PENDIDIKAN

MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.Plg (Jum’at, 1/7/2022) membuka kegiatan SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK) pada Skema Pemadanan Dukungan Industri bidang Pengolahan Hasil Perikanan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV-KPTK) Pattallassang Kab. Gowa ini diprakarsai oleh Drs. Muhiding, M.Si, kepala SMKN 9 Makassar yang merupakan salah satu SMK-PK tahun 2022 pada kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, dan difasilitasi oleh BPPMPV-KPTK Gowa.

Dalam sambutannya Setiawan mengatakan bahwa kolaborasi SMK dengan Industri sangat penting dalam memajukan pendidikan Vokasi di Sulawesi Selatan, olehnya itu keterlibatan industri dalam proses pendidikan sangat diperlukan mulai dari penyelarasan kurikulum, standarisasi peralatan, upskilling dan reskilling guru, hingga rekruitmen tamatan SMK. Hal ini dapat terwujud jika didukung sepenuhnya oleh industri, bisa dalam bentuk Pembelajaran berbasis Projek (PjBL) karena ini akan dapat mengembangkan karakter (softskill) siswa seperti nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, sikap kerja dan sebagainya yang bermuara pada Akhlakul Karimah.

Selanjutnya Kepala BPPMPV-KPTK Gowa Dr. H. Rusdi, M.Pd dalam arahannya menekankan bahwa dalam skema Pemadanan Dukungan Industri ini diperlukan kejelasan dan realisasi dukungan yang akan diberikan oleh perusahaan sebagai stakeholder SMKN 9 Makassar, yang bentuk-bentuknya dapat berupa pelatihan guru, bantuan peralatan, rehabilitasi maupun renovasi gedung, bantuan dana CSR dan sebagainya.

Lebih jauh Rusdi, menyatakan bahwa kami dari BPPMPV-KPTK Gowa sebagai bagian dari Kemendikbudristek mengharapkan agar perusahaan dapat mendukung skema ini sepenuhnya, dan sebagai langkah awal perusahaan diharapkan membuat surat pernyataan dukungan yang akan diupload oleh pihak SMKN 9 Makassar dalam waktu dekat ini.

Dalam pemaparan program Skema Pemadanan Dukungan, Kepala SMKN 9 Makassar Drs. Muhiding, M.Si yang didampingi oleh Panca Wardana, S.Pi. Wakasek Hubungan Masyarakat dan Kerjasama Industri (Humastri), menyampaikan bahwa ending dari kegiatan ini adalah terwujudnya sinergitas antar SMKN 9 Makassar dengan industri dalam bentuk kelas industri, dimana proses pendidikan yang berlangsung bukan cuma di kelas tetapi juga di industri, mari kita bersama-sama mengawal proses pendidikan anak-anak kita agar mereka menjadi manusia yang mengutamakan Kejujuran, Disiplin, Rajin, bertanggungjawab serta terampil di bidangnya. Sehingga tamatan SMKN 9 Makassar akan langsung terserap semua di pasar kerja, “Zero Pengangguran”, harap Muhiding.

Hadir dan bersedia memberikan dukungan, pada kegiatan Skema Pemadanan Dukungan Industri ini diantaranya Ketua Umum APINDO Sulsel Drs. Suhardi, M.Si beserta beberapa orang pengurus yakni Ardiansyah dan Zakiyul Fuad; Direktur PT. Sulsel Citra Indonesia Rendra Darwis yang didampingi oleh Sudirman, Akmal dan Aswandy; Direktur PT. Perikanan Indonesia Norman Yasser Arrozi beserta Muh. Ikbal Ahsan; General Manager PT. Bogatama Marinusa Rirhy; Sri Wahyuningsih dan Andi Farid dari PT. Global Maju Pratama; Dadang Mulyana dari Plara Seafood Makassar; Apriansyah dari PT. Bumi Menara Internusa; Ilyas dari CV. Buana Laut Nusantara; Khairul Ashar dari PT. Dwira Masagena; Zaenal Makarim dari PT. Nirvana Niaga Sejahtera; Hajir dari CV. Bulan Delima Nusantara; Abdi dan H. Syarifuddin dari BPPMPV-KPTK Gowa serta guru-guru dari SMKN 9 Makassar.