Bimtek KOS Dan ARKAS Bagi Operator Dan Bendahara BOS SMK, SLB Negeri Dan Swasta Cabang Dinas Pendidikan Wil.II Gowa

Uncategorized

BATARAMEDIA.COM – Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS ) Cabang Dinas Pendidikan Wilayah. II Gowa menyelenggarakan bimbingan teknis penyusunan operasional sekolah (KOS) dan pengisian aplikasi rencana kegiatan anggaran sekolah (ARKAS) khusus bagi para operator SMK, SLB Negeri dan Swasta. Hal ini bertujuan untuk optimalisasi dan akuntabilitas laporan pertanggung jawaban keuangan sekolah sesuai aturan pemerintah serta dalam rangka kesiapan penerapan kurikulum merdeka belajar yang akan mulai diberlakukan pada tahun pelajaran 2022/2023. Acara berlangsung di Gedung Rapat SMKN 2 Kab.Gowa JL. Mrsjid Raya No. 46 Bonto- Bontoa Somba Opu Sungguminasa Gowa, Rabu dan Kamis (21 – 22 /6 /2022).

Bertindak sebagai narasumber kegiatan, Drs. Muhammad Yusuf ( Ketua MKKS SMK Kab.Gowa), Muhammad Sadat Hamzah, S.AP.,M.A.P ( Kasi SMK dan PKPLK Cabdin Wilayah II Gowa Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

Muhammad Sadat Hamzah, S.AP.,M.A.P kepada Bataramedia.Com menyampaikan pada hari ini MKKS Kab.Gowa Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, mengedukasi seluruh operator SMK, SLB Negeri dan swasta dalam penyusunan KOS dan Aplikasi ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah). Tentunya kita harus memahami sistem penggunaan sesuai prosedur sehingga diharapkan tidak ada kesalahan dalam mempertanggung jawabkannya.

Menurut Muhammad Sadat , kedepannya kita akan mengupayakan pembentukan tim di wilayah Kab. Gowa untuk mendampingi secara intens dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban sehingga, diharapkan kita bisa selesai secara bersama-sama dan kita siap ketika ada pemeriksaan dari pihak inspektorat, BPKP, BPK maupun pihak-pihak lain,”ujarnya.

Disisi lain, Ketua MKKS Kab.Gowa, Drs.Muhammad Yusuf dalam materinya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Bimtek ini adalah dalam rangka penerapan kurikulum merdeka belajar dan untuk menindaklanjuti surat edaran Dirjen PAUDNI tentang batas waktu pengisian ARKAS yang harus selesai sebelum tanggal 31 Juli 2022 sebagai syarat pencairan Dana BOS tahap ke III.

Peserta Kegiatan ini terdiri dari 20 orang Kepala UPT SMK , Bendahara dan operator BOS pada SMKN dan SMKS se- Kabupaten Gowa.