Di Undang Sebagai Narasumber Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis Kab.Luwu, Dr.H.Basri,S.Pd.,M.Pd : Nawa Cita Kearsipan Menunjukkan Pemerintahan Yang Bersih

PENDIDIKAN

BATARAMEDIA.COM – Selasa 21 Juni 2022, Sekretaris Daerah Kab.Luwu, Drs.H. Sulaiman.,MM, membuka acara secara resmi Sosialisasi Pengelolaan Arsip Dinamis Lingkup Pemerintahan Kab.Luwu Tahun 2022 bertempat di Aula Kantor Bappeda Kab.Luwu .

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Luwu dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan. Acara ini diikuti oleh peserta dari seluruh OPD se-Kab,Luwu. Kegiatan ini menghadirkan Kepala Bidang Kearsipan dan Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) Sulawesi Selatan Dr.H Basri,S.Pd., M.Pd sebagai narasumber.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kab.Luwu mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan sosialisasi ini yaitu agar terciptanya peningkatan pengelolaan dan penatausahaan arsip di lingkungan organisasi perangkat daerah Kab.Luwu. “Arsip harus dikelola dengan baik, dengan cara mengimplementasikan hasil dari kegiatan ini di organisasi perangkat daerah. Dasar hukum pengelolaan arsip, penganggaran, sarana dan prasarana serta SDM kearsipan,” jelasnya.

Beliau menambahkan, kegiatan ini juga dilaksanakan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kepada setiap pengelola arsip yang ada pada organisasi perangkat daerah. “Selain itu demi terwujudnya gerakan sadar tertib arsip,” jelasnya.

Selain Sekretaris Daerah Kab.Luwu, hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab.Luwu serta para Kepala OPD.

Sementara itu Dr.H.Basri,S.Pd.,M.Pd dalam arahannya menyampaikan beberapa hal yang terkait Nawa Cita Kearsipan yang meliputi Kebijakan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, salahsatunya bagaimana membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratif dan terpercaya.”

“Tujuan dari Sosialisasi ini adalah untuk mewujudkan tertib arsip pada lembaga pencipta sebagai wujud akuntabilitas, terwujudnya penyelamatan arsip statis untuk kepentingan pemerintahan dan pelayanan publik, terselenggara sistem dan jaringan informasi kearsipan dan yang terpenting terwujudnya peningkatan tata kelola administrasi dan akuntabilitas kinerja yang profesional dan transparan,” imbuhnya.

Selain Sekretaris Daerah Kab.Luwu hadir juga dalam kesempatan tersebut Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kab.Luwu serta Kabid Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, serta para Kepala OPD. ( Andi Firman Batara )