SMKN 9 Makassar Mewakili Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I dalam Pameran Hardiknas 2022

PENDIDIKAN

Makassar – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tingkat Provinsi Tahun 2022, yang dimeriahkan dengan berbagai lomba, termasuk Lomba Pameran Media Pembelajaran SMK (Hasil Produk SMK) se-Sulsel, yang dilaksanakan di Hotel Four Point by Sheraton, Rabu (18/05/2022).

Dalam pelaksanaan Lomba Pameran Media Pembelajaran SMK, diikuti oleh perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I-XII dan dilaksanakan selama 2 hari, mulai Rabu dan Kamis tanggal 18-19 Mei 2022.

Salah satu SMK yang ikut ambil bagian dan mewakili Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I (Makassar, Maros) yaitu Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Negeri 9 Makassar.

Kepala Sekolah SMKN 9 Makassar, Drs. Muhiding, M.Si dalam keterangannya mengatakan bahwa, kegiatan lomba pameran SMK ini aturannya setiap Kabupaten/Kota diwakili satu sekolah, dan dilihat dari wilayahnya masing-masing.

“Jadi ada beberapa daerah yang harus mewakili daerahnya masing-masing dalam lomba pameran SMK peringatan Hardiknas tahun ini,” ujar Muhiding.

Lanjut Muhiding menambahkan, di kota Makassar terdapat 10 sekolah SMK Negeri, yang dibagi dalam dua Cabang Dinas Pendidikan, yaitu Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I (Makassar, Maros) dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II (Makassar, Gowa).

“SMKN 9 Makassar masuk dalam Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I yang meliputi (Makassar dan Maros) sekaligus mewakili untuk tampil pameran yang berorientasi bidang kemaritiman dan kelautan perikanan,” jelasnya.

Selain itu, Muhiding menjelaskan terdapat beberapa produk yang ditampilkan dalam pameran tersebut, diantaranya abon ikan tuna, bakpia salapang, brownis rumput laut, kaktus rumput laut, kerupuk nori, es krim rumput laut, nugget ikan tuna dan nugget rumput laut.

“Salah satu produk unggulan kami yaitu bakpia salapang yang semua bahan dasarnya terbuat dari ikan tuna, dan telah dicoba olah Pak Gubernur, Istri Pak Gubernur dan Pak Kadis serta Istri Pak Kadis saat mengunjungi stand kami,” ungkap Muhiding.

Bakpia salapang ini, kata Muhiding, telah kami ikutkan dalam pameran nasional yang dilaksanakan 3 bulan yang lalu.

“Alhamdulillah karya-karya anak SMKN 9 Makassar menempati pada posisi terbaik ketiga,” katanya.

“Ini merupakan wadah dan kegiatan ini sebagai ajang pembuktian sekolah SMK berbasis produk dan berbasis jasa untuk memberikan peluang kepada anak-anak kita untuk menciptakan, menjual dan memamerkan karyanya, sekaligus uji publik bahwa kepemimpinan suatu kepala sekolah akan teruji lewat karya-karya yang ditampilkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev, Plg saat meninjau dan mencoba produk dari SMKN 9 Makassar mengatakan bahwa, produk bakpia salapang sangat mantap rasanya.

“Dan saya baru tau apa sebabnya sampai menjadi Juara 3, ternyata sangat unik. Dan rugi orang yang belum menikmati bakpia salapang hasil produk dari SMKN 9 Makassar,” jelasnya.