Kunker Dewan Pendidikan Kalimantan Utara pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan

PENDIDIKAN

BATARAMEDIA – Dewan pendidikan menurut ketentuan pasal 1angka 41 Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan adalah lembaga mandiri. Beranggotakan berbagai unsur masyarakat yang peduli pendidikan. Kunjungan ketua dewan pendidikan Provinsi Kalimantan Utara bersama rombongannya diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Drs Harpansa,.MM mewakili Kadis Pendidikan, bertempat di ruang Dr.Syahrul Yasin Limpo Kantor Disdik Sul-Sel Jl.Perintis Kemerdekaan Km.10 Tamalanrea Makassar Senin tanggal ( 11/02/2022 ).

Rombongan Dewan Pendidikan Kalimantan Utara beranggotakan lima orang masing-masing:

1. Drs.Ahmad Maulana,.MM, sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kaltara,
2. Dr.Pither.Bulungan,SE,.M.Si
3. Girdi.A.Sumenteng,.SH.MH
4. Drs.Sulaeman.5,Dr.Zulkhaeril.

Sementara Dari Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua DP. Dr.H.Adi Suryadi Culla,.MA, Sekertaris DP, Drs.H.Muh.Natsir.Djalal,.M.Pd, Wakil sekertaris.H.M.Yusuf Nippi,.SE,.M.Ed, Kepala Sekertariat,.Drs.H.M.Yamin Thalib,.M.Pd, Dra.Hj.Rahmaniar,.MM, dan Rusnah Supardi,.S.SOS,.MM.

Harpansa seusai Menerima Rombongan Dewan Pendidikan Kalimantan Utara (Kaltara) Memberikan keterangan pers kepada Media di ruang kerjanya dan menguraikan secara detail, bahwa Kunjungannya adalah, dalam rangka diskusi terkait keberadaan dewan pendidikan itu sendiri, jadi kami yang mewakili Plt. Kepala Dinas pendidikan provinsi Sulawesi Selatan, Ir.H.Imran Jausi,.M.Pd. Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara itu sharing terkait kegiatan- kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan di daerah ini, Antara Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dengan Dinas Pendidikan , ada dua yang menonjol, yang pertama itu setiap tahun kita melibatkan dewan pendidikan dalam Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru (PPDB) untuk bersama-sama, walaupun terkadang fungsinya yang berbeda, lanjut nya lagi Harpansa, terkait dengan pelaksanaan Siswa Baru, pengaduan dari masyarakat atau orang tua siswa, yang Kedua Dewan Pendidikan kita dilibatkan dalam proses Rekrutmen Calon Kepala sekolah, ada Sekda, Kepala Dinas pendidikan , Pengawas Sekolah dan Komite Sekolah. Menurut Harpansa, bahwa Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara itu Baru dilakukan didaerahnya , olehnya itu study banding untuk lebih mengetahui sejauh mana kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh dewan pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Termasuk juga menjembatangi Dewan Pendidikan Kota dan Kabupaten.

Harpansa diakhir perbincangannya kepada media ini , Bahwa beberapa hari lalu kita juga telah finalisasi rapat bersama TGUPP di ruang Prof. Amiruddin untuk mendorong pendidikan kedepannya agar lebih baik dan kebetulan Harpansa mewakili teman teman pejabat Eselon bersama dengan Dewan Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan untuk menggolkan Pergubnya, sebab selama ini Dewan Pendidikan Provinsi Belum ada Pergub sehingga tidak dapat mengelola sendiri keuangan, berbeda dengan Dewan Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara itu Sudah punya Pergub sehingga dapat mengelola keuangan sendiri, sampai Rp. 2.Milyar pertahunnya.Tandasnya(Rizal)