Batara Media | Makassar – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Hasanuddin (Unhas), genap berusia 60 tahun. Sebagai rangkaian perayaan Dies Natalis ke-60, panitia yang merupakan gabungan sivitas akademika dan alumni yang tergabung dalam IKA Fisip Unhas, menggelar 10 kegiatan, baik kajian ilmiah hingga ‘Tudang Sipulung’ atau reuni akbar.

Buku yang akan dibedah diantaranya, “Birokrasi dan Pelayanan Publik” ditulis Dr. Johansyah Mansyur, M.Si. Buku “Public Trust dalam Pelayanan Publik” ditulis Prof. Thahir, buku “Menyoal Inovasi Administrasi Publik” ditulis Dr. Muhammad Tang Abdullah, buku “Etika Jurnalistik: Pengalaman Dari Lapangan” ditulis Zulkarnain Hamson, buku “Pelayanan Publik” ditulis Dr. Badu Ahmad, M.Si. buku “Kepemimpinan Kharismatik” ditulis Rahmat Hidayat, buku “Memahami Modal Sosial” ditulis Suparman Abdullah, dan buku “Ombudsiana” ditulis Muslimin B. Putra.

READ  Kaprodi magister administrasi negara ajak pencinta kajian publik dan negara kuliah di UIT

Ketua panitia Dies Natalis, Adnan Nasution, kepada media mengatakan, “Pandemi Covid-19, mengharuskan rangkaian kegiatan akan dominan berlangsung dalam jaringan (daring),” ujarnya, sembari mengatakan protokol Covid-19 harus terus dijaga. Namunpun demikian diakuinya antusias sivitas akademika dan alumni Fisip Unhas, sangat tinggi.

“Ini agak berbeda dengan Dies Natalis sebelumnya, dimana keluarga besar Fisip Unhas, bisa berkumpul dalam rangkaian kegiatan meriah,” ujarnya. Namun lanjut Adnan, kemasan acara dalam jaringan juga bisa dibuat meriah. Disamping mematuhi atuan, juga tidak menimbulkan pembiayaan besar, karena alumni Fisip Unhas, bertebaran di seluruh Indonesia, bahkan banyak yang kini berada di luar negeri.

Prof. Dr. Armin, M.Si, Dekan Fisip Unhas, mengatakan dirinya optimis, memperingati 60 tahun fakultas yang dipimpinnya, semangat kebersamaan akan terus terpelihara. “Dengan Dies Natalis Fisip Unhas ke-60, kita kembangkan digitalisasi dan inovasi ilmu sosial dan ilmu politik,” ujarnya, sembari menambahkan tentunya melalui pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat di era new normal, karena Covid-19 masih menjadi ancaman bagi kesehatan manusia.
“Motto kami bersama, bersatu, berjaya,” ujarnya menyebutkan motto IKA Fisip Unhas, yang sejak 2016 dicanangkan oleh Ketua Umum IKA Fisip Unhas, Dr. Andi Fahsar Mahdin Padjalangi. Prof. Armin, juga mengingatkan alumni di seluruh penjuru bahwa secara filosofis, kata Jayalah Fisipku, Jayalah Unhasku, senantiasa dipelihara spiritnya sebagai penyemangat dalam prestasi kerja, dimanapun alumni mengabdi.

READ  Ruang Kelas Laboratorium SMA 15 Bone hampir roboh, Kepsek ; kami butuh perhatian"

Dekan Fisip Unhas, yang melanjutkan periode Prof. Dr. Aandi Alimuddin Unde, itu menegaskan tema Dies Natalis ke-60 “Digitalisasi dan inovasi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalui pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat di era new normal,” adalah bagian dari dukungan pada program nasional.

Laporan : Tiwa

Editor.    : Tika Siregar putri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here